xrAgH3lBCk0anL27bi4osNTes3KB3baQXCcTHaa1
Bookmark

Memilih Antara Super Duper dan Carbon Copy Cloner: Solusi Backup Terbaik untuk Pengguna Mac

Solusi Backup Terbaik untuk Pengguna Mac

Pengguna forum MacRumors, mk313, mengalami masalah dengan Time Machine dan sedang mencari alternatif. Pilihan utamanya adalah Super Duper dan Carbon Copy Cloner (CCC), dua opsi pencadangan populer. Dia ingin mencadangkan dua komputernya ke satu drive, seperti yang dilakukannya dengan Time Machine.

Apple_Robert merekomendasikan CCC dan menjelaskan bahwa itu lebih cepat daripada Time Machine, dan Anda dapat menggunakannya untuk mencadangkan beberapa komputer. Namun, dia menyarankan agar tidak menggunakan drive eksternal yang sama untuk mencadangkan kedua komputer karena risiko kehilangan akses ke kedua pencadangan jika drive rusak.

ssmed juga memberikan testimoninya tentang kehandalan CCC dibandingkan dengan Time Machine di masa lalu. Dia menyarankan untuk memiliki drive cadangan dengan ukuran minimal dua kali lipat dari kapasitas yang digunakan untuk pencadangan berurutan dan menyimpan file yang dihapus.

Pertanyaan Bigwaff tentang masalah Time Machine mk313 memberikan wawasan lebih lanjut tentang kegagalan tersebut. Namun, fokus utama adalah pemilihan antara Super Duper dan CCC.

KaliYoni menekankan pentingnya tidak mencadangkan beberapa komputer ke satu drive karena risiko data yang rusak. Sementara Rich B22 membagikan pengalamannya beralih dari Super Duper ke CCC karena responsifnya tim CCC terhadap masalah.

HDFan menyarankan strategi pencadangan 3-2-1 dengan hanya satu pencadangan Time Machine. H_D memuji tim CCC yang luar biasa dan kegunaannya, bahkan jika bootable backups tidak lagi bekerja dengan OS.

Setelah mencoba mengatasi masalah Time Machine, mk313 mencoba CCC dan menemukan bahwa itu berfungsi dengan baik di kedua drivernya. Dia memutuskan untuk beralih sepenuhnya ke CCC.

Selain itu, pembaca disarankan untuk tidak mencadangkan beberapa komputer ke satu drive dan mencari solusi pencadangan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Jadi, antara Super Duper dan Carbon Copy Cloner, kedua aplikasi ini memiliki penggemar mereka sendiri, tetapi CCC mendapat sorotan positif karena responsifnya terhadap perubahan dalam ekosistem Apple dan kecepatannya dalam pencadangan. Bagi pengguna Mac yang mencari solusi pencadangan yang handal dan mudah digunakan, CCC mungkin menjadi pilihan terbaik.


Saya telah menggunakan Time Machine dengan senang hati sejak pertama kali dirilis, tetapi ada sesuatu yang terjadi selama musim panas yang membuatnya berhenti berfungsi. Sepertinya orang lain juga mengalami masalah serupa, dan sepertinya tidak ada solusi kecuali beralih ke Solusi-itu satu mesin tidak dapat melakukannya.

Saya mencari alternatif dan menemukan bahwa Super Duper dan Carbon Copy Cloner adalah dua opsi paling populer. Rencananya, saya ingin mencadangkan kedua komputer ke satu drive (jika memungkinkan), seperti yang saya lakukan dengan Time Machine dan lebih sederhana daripada menggunakan satu drive untuk setiap mesin.

Saya telah mengunduh salah satu dari kedua aplikasi ini (saya pikir itu Super Duper) dan mulai mencadangkan, tetapi saya mendapatkan popup bahwa drive tersebut perlu dihapus dan dienkripsi. Dari apa yang saya baca, sepertinya hal yang sama akan terjadi jika saya mencoba mencadangkan perangkat lain (kembali menghapus dan mengenkripsi drive). Saya mungkin sangat salah dan ini di luar pengetahuan saya (oleh karena itu saya menggunakan Time Machine selama bertahun-tahun).

Pertanyaan saya, bagi mereka yang menggunakan salah satu dari keduanya, apakah salah satunya memungkinkan Anda mencadangkan beberapa komputer ke satu drive cadangan? Apakah ada faktor lain yang sebaiknya saya pertimbangkan yang mungkin memberikan keunggulan satu produk dibandingkan yang lain? Saya hanya mencari paket perangkat lunak pencadangan dasar yang dapat saya atur untuk mencadangkan mesin saya secara otomatis jika suatu saat saya kehilangan hard drive atau komputer. Tidak ada yang terlalu rumit.

Terima kasih sebelumnya.

Respon dari Pengguna Forum:

1. Apple_Robert: Saya tidak pernah menggunakan SuperDuper. Saya menggunakan CCC dan telah menemukannya sangat baik. Ini jauh lebih cepat dengan pencadangan daripada TM. Anda dapat menggunakannya untuk mencadangkan beberapa komputer. Saya tidak menyarankan Anda menggunakan drive eksternal yang sama untuk mencadangkan kedua komputer. Jika drive rusak, Anda kehilangan akses ke pencadangan kedua mesin. Bergantung pada ukuran drive eksternal yang Anda butuhkan, saya menyarankan mendapatkan Samsung T7 drive.

[Link ke Shopee Samsung T7 Drive]

2. ssmed: Saya menggunakan CCC - terlihat hebat dan dapat diandalkan. Saya belum pernah menggunakan SD. Dibandingkan dengan Time Machine (di masa lalu bagi saya), ini sangat dapat diandalkan. Jika Anda memiliki drive yang cukup penuh dan ingin pencadangan berurutan serta menyimpan beberapa file yang dihapus untuk sementara waktu, Anda memerlukan setidaknya dua kali ukuran tersebut.

3. Bigwaff: Saya tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang mengapa Time Machine berhenti berfungsi. Apa kesalahan yang ditampilkan TM ketika Anda mencoba pencadangan? Apakah TM menggunakan HDD atau SSD eksternal? Model dan tahun Mac apa yang Anda gunakan dan versi macOS yang diinstal?

4. KaliYoni: Saya setuju dengan @Apple_Robert bahwa mencadangkan beberapa komputer ke disk yang sama biasanya bukan ide bagus, tergantung pada jenis data yang disimpan (bisnis vs. pribadi, tidak bisa digantikan vs. bisa digantikan, rahasia vs. tidak rahasia) pada mesin Anda dan tingkat kenyamanan Anda dalam menyelesaikan masalah.

Pribadi, saya menggunakan pencadangan Time Machine dan Carbon Copy Cloner. Drive Time Machine selalu terhubung. Drive CCC terputus sebagian besar waktu. Saya melakukan pencadangan CCC sekitar sekali seminggu atau sebelum menginstal pembaruan OS.

5. Rich B22: Saya dulunya menggunakan SuperDuper, tetapi beralih ke Carbon Copy Cloner bertahun-tahun yang lalu, ketika ada masalah (yang tidak saya ingat) dan sikap pengembangnya adalah itulah cara kerjanya. Saya telah menemukan Mike Bombich dan tim CCC menjadi proaktif dalam memberi tahu Anda tentang masalah (biasanya karena perubahan Apple), sangat responsif, cepat, dan membantu dengan masalah dukungan apa pun.

Seperti yang telah dikatakan orang lain, JANGAN mencadangkan beberapa komputer ke drive yang sama, terutama jika Anda hanya berencana satu pencadangan untuk masing-masingnya. Jika Anda harus melakukannya, setidaknya miliki dua partisi di HD, sehingga data buruk pada satu mungkin tidak merusak kedua pencadangan. Selain kegagalan perangkat keras, file dapat rusak melalui kesalahan pengguna dan glitch perangkat lunak, badai petir, fluktuasi daya, dll.

Saya tahu saya paranoid, setelah kehilangan data bisnis bertahun-tahun yang lalu karena HD buruk dan pita pencadangan tidak dapat dibaca. Itu membuat saya mengeluarkan $2500 untuk memulihkan data dan bahkan itu tidak lengkap. Penyimpanan hard drive bahkan SSD sekarang murah, dan saya menjalankan 4 drive pencadangan CCC (cadangkan ke drive yang berbeda setiap hari), TM, dan pencadangan online.

6. HDFan: Time Machine bisa membuat frustasi dengan ketidakdugaannya. Pastikan bahwa strategi pencadangan 3-2-1 Anda hanya mencakup 1 pencadangan TM.

7. H_D: CCC memiliki tim yang luar biasa di belakangnya, tidak pernah tidur. Ini lebih penting dan menyelamatkan jiwa ketika pencadangan yang dapat di-boot masih berfungsi dengan OS, tetapi ini masih merupakan alat penting yang saya gunakan setiap hari.

8. mk313: Terima kasih kepada semua atas rekomendasinya. Saya menghapus/menformat ulang drive Western Digital, tetapi itu tidak memperbaiki kesalahan Time Machine. Saya mengunduh Carbon Copy Cloner & itu berfungsi dengan baik di kedua drive. Saya hanya akan mematikan Time Machine & menggunakan CCC ke depannya. Tidak ada gunanya melawan ini lebih lama. Time Machine sangat bagus ketika berfungsi, tetapi ini sama baiknya dan berfungsi pada semua drive

Post a Comment

Post a Comment