xrAgH3lBCk0anL27bi4osNTes3KB3baQXCcTHaa1
Bookmark

Mengapa Banyak Orang Masih Menggunakan Macbook Jadul?

macbook pro 2012

Dalam jalanan, di kafe, dan di taman, kita sering melihat orang-orang dengan MacBook keluaran 2012 yang masih menggunakan sistem operasi lama, meskipun mereka memiliki iPhone 14 atau yang lebih baru. Pertanyaannya, mengapa mereka tidak memutakhirkan ke MacBook Air M1 yang dihargai sekitar $800? Jika mereka mampu membeli iPhone baru, seharusnya mereka mampu memperbarui laptop mereka yang sudah ketinggalan zaman dan rentan keamanannya.

Pandangan Berbeda Mengenai Komputer


Mungkin, berbeda dengan anggota forum MacRumors yang cenderung selalu mengikuti perkembangan teknologi, bagi sebagian orang, komputer hanya dianggap sebagai alat yang digunakan untuk tugas-tugas tertentu. Selama komputer tersebut masih berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan mereka, mereka tidak melihat alasan untuk menggantinya.

Sebagian dari mereka mungkin bahkan tidak menyadari bahwa kamera depan (webcam) pada laptop mereka dari 2012 sudah sangat berkembang. Bagi mereka, selama laptop masih berfungsi untuk kegiatan sehari-hari, tidak ada alasan untuk melakukan upgrade.

Mengapa Harus Mengganti Jika Masih Bekerja?


Pada dasarnya, kebanyakan pengguna komputer hanya menggunakan fungsinya tanpa perlu melakukan upgrade ke versi terbaru. Mereka akan melakukannya hanya jika komputer tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi untuk kebutuhan mereka.

Alasan lainnya mungkin karena mereka tidak menyadari keamanan yang lebih rendah pada sistem operasi lama. Bagi sebagian besar pengguna yang hanya melakukan tugas-tugas sederhana, sistem operasi lama masih memadai untuk kebutuhan mereka.

Persepsi Terhadap Penggunaan dan Prioritas


Ada juga aspek finansial yang perlu diperhatikan. Beberapa orang mungkin tidak ingin mengeluarkan uang lebih hanya untuk memperbarui komputer mereka jika komputer tersebut masih memadai untuk kebutuhan sehari-hari. Prioritas mungkin lebih diberikan pada perangkat seluler, seperti iPhone, yang digunakan lebih intensif daripada laptop.

Pandangan yang Berbeda tentang Keamanan


Beberapa orang mungkin tidak memahami potensi risiko keamanan yang dapat timbul dari penggunaan sistem operasi lama. Mereka mungkin merasa asalkan mereka menggunakan browser yang terbaru, risiko keamanan dapat diminimalkan. Namun, faktanya adalah bahwa keamanan lebih baik dijaga dengan menggunakan versi terbaru dari sistem operasi.

Kesimpulan: Komputer sebagai Alat


Dalam pandangan ini, komputer dianggap sebagai alat. Seperti halnya alat lainnya, tidak perlu untuk memikirkan penggantian sampai benar-benar diperlukan. Menggunakan komputer lama yang masih berfungsi dengan baik bisa dianggap sebagai langkah yang bijaksana, terutama jika masih memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu biaya tambahan.

Jadi, jika Anda melihat seseorang dengan MacBook keluaran 2012 di kafe atau taman, mungkin mereka hanya memandang komputer sebagai alat yang harus digunakan hingga benar-benar tidak bisa lagi. Dan mungkin, bagi mereka, itu adalah pilihan yang masuk akal.

Artikel ini bersumber dari utas macrumor
Post a Comment

Post a Comment